Press Release atau siaran pers
menurut Soemirat dan Ardianto (2004) adalah informasi dalam bentuk berita yang
dibuat oleh Public Relations (PR) suatu organisasi/ perusahaan
yang disampaikan kepada pengelola pers/ redaksi media massa (tv, radio, media
cetak, media online) untuk dipublikasikan dalam media massa tersebut.
Penulisan press release layak
muat apabila cara menulisnya seperti halnya wartawan menulis berita langsung (straight
news) dengan gaya piramida terbalik (inverted pyramid). Dimulai
dengan membuat lead/ teras berita/ kepala berita sebagai paragraf
pertama yang mengandung unsur 5W + 1H (What: apa yang
terjadi? Where: dimana terjadinya? When: kapan
peristiwa tersebut terjad? Who:siapa yang terlibat dalam peristiwa
tersebut? Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi? How: bagaimana
berlangsungnya peristiwa tersebut?).
Penulisan dengan gaya
piramida terbalik ini digunakan dengan alasan: Pertama, pembaca
dikategorikan sebagai orang sibuk dan mempunyai waktu yang singkat untuk
mendapatkan berita-berita yang faktual. Kedua, redaksi media massa
harus memotong Press Release tersebut tanpa mengurangi isi
pokoknya. Ketiga, redaksi tidak mempunyai cukup waktu untuk membaca
keseluruhan Press Release.Sebelum redaksi memutuskan dibuang atau
dipakai release tersebut, mereka harus tahu dengan cepat apa
keseluruhan isi release itu (Cole dalam Soemirat dan Ardianto,
2004)
Berbicara mengenai Press
Release, berikut sepuluh tips yang dapat dijadikan panduang dalam
membuat rilis:
1.
Pastikan informasi yang akan disampaikan memilki nilai berita yang kuat.
2.
Informasikan alasan kepada media mengapa informasi yang disampaikan perlu
mereka ketahui.
3.
Mulailah dengan menyampaikan deskripsi berita baru siapa yang menyampaikan,
bukan sebaliknya.
4.
Tanya diri Anda sendiri dahulu, apa yang membuat orang merasa berita ini
penting bagi diri mereka? Lalu apa hubungannya dengan kepentingan mereka
5.
Pastikan bahwa sepuluh kata pertama dari release yang Anda buat benar-benar
kuat dan memiliki informasi yang bermanfaat.
6.
Hindari penggunaan kata-kata umum dan bersayap dan fokus kepada informasi yang
akan disampaikan.
7. Sampaikan
fakta-fakta.
8. Cantumkan contact person
pada release selengkap mungkin mulai dari nama, alamat telepon, alamat e-mail,
website dan sebagainya.
9. Pastikan waktu yang
tepat untuk pengiriman release. Pengiriman release pada akhir pekan untuk
berita ekonomi tak akan banyak membuahkan peliputan.
10.
Permudah reporter/jurnalis untuk mendapatakan informasi yang ingin diperoleh
dari data-data di release.
Disamping
10 langkah diatas, ada beberapa info lagi nih yang musti diketahui bagi para
calon praktisi PR mengenai teknik menulis Press Release. Meskipun
semuapress release yang dibuat PR memiliki format yang sama,
sebenarnya memiliki perbedaan penekanan pada informasinya yaitu:
·
Basic Press Release mencakup berbagai informasi yang
terdapat di dalam suatu organisasi/ perusahaan yang memiliki berbagai nilai
berita untuk media lokal, regional atau pun nasional;
· Product
Release mencakup transaksi tentang target suatu produk
khusus atau produk reguler lainnya untuk suatu publikasi perdagangan di dalam
suatu industri;
·
Financial Release digunakan terutama dalam membina
hubungan dengan pemegang saham.
0 Komentar untuk "cara membuat press realise"